Sunday 23 August 2015

TIPS DAN TRIK KUMPULAN CARA MENGAKTIFKAN INIT.D

Cara Mengaktifkan Init.d Pada Android Tanpa Ganti Kernel

Berbicara soal artikel Menambah RAM dan Meningkatkan Performa Android yang pernah saya publikasikan, disana tertulis 'pindahkan Juwe RAM Script ke folder init.d lalu rubah permissionnya'. Dari situ muncul sebuah kejanggalan. Bagaimana bila folder init.d tidak ada? Apa kita harus membuatnya manual?

Pertanyaan tersebut sering keluar dari komentar dan jejaring sosial.

Terakhir pertanyaan keluar dari mas Ichin yang berkomentar : Mau tanya, emang nggak masalah kalau init.d nggak ada," trus kita buat sendiri ?. ini dah coba tak test, cuma... mentok saat mau bikin init.d,
Kok beberapa tmn bicara, init.d nggak bisa sembarangan dibuat... mohon pencerahannya.

Baik saya jelaskan. Init.d atau yang sering kita sebut folder init merupakan folder yang sangat penting dalam hal kustomisasi android. Gunanya init.d yaitu untuk menjalankan script modifikasi pada saat ponsel reboot seperti script tweak baterai, ram, cpu, app2sd, dan lain sebagainya.

Biasanya folder Init.d sudah langsung ada disetiap custom kernel. Nah, bagi yang Init.d nya belum ada, saya pastikan android anda masih original dan belum diapa-apakan :)

Menjawab pertanyaan diatas, benar. Init.d tidak bisa kita buat sendiri. Tidak bisa kita buat seenaknya lalu kita bebas paste ini paste itu didalamnya. Oleh karena itu, silahkan ikuti tutorial dibawah ini dengan cermat, cekidot :

Berikut persyaratan yang harus dipenuhi sebelum anda mengaktifkan folder Init.d :

Ponsel harus sudah di root
Install Busybox versi terbaru yang compatible dengan ponsel android anda. INGAT!!! Setelah Busybox terinstall hendaknya anda me-reboot ponsel anda terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke tahapan berikutnya



 Cara 1 Mengaktifkan Init.d Pada Android Tanpa Ganti Kernel menggunakan APK Installer


  • Download aplikasi Universal Init.d Support
  • Install
  • Jalankan Universal Init.d Support
  • Klik tombol Activate lalu Verify
  • Reboot ponsel anda

Untuk melihat apakah Init.d sudah aktif, buka folder data/ pada direktori root kemudian cari apakah file Test.log ada disana. Bila ya, selamat :)
 Universal Init.d Support



 Cara 2 Mengaktifkan Init.d Pada Android Tanpa Ganti Kernel menggunakan Flash Zip


  • Download  kemudian taruh di SDCard
  • Reboot ponsel android anda kemudian masuk ke recovery (CWM/CTR)
  • Flash seperti biasa
  • Reboot ponsel anda


Untuk melihat apakah Init.d sudah aktif, buka folder data/ pada direktori root kemudian cari apakah file Test.log ada disana. Bila ya, selamat :)

0 comments

Post a Comment